PGMI.......................???????????

Program Studi PGMI mendidik calon guru Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar yang memiliki kemampuan menguasai bidang ilmu sumber bahan ajaran MI/SD, baik yang mencakup diciplinary content knowledge maupun pedagogical content knowledge memiliki kemampuan mengenal secara mendalam peserta didik di MI/SD yang hendak dilayani; serta mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.

Keluarga Besar PGMI semester 3

Keluarga Besar PGMI semester 3

Struktur Organisasi Kelas

Struktur Organisasi Kelas

Tugas Pengurus Kelas

Ketua:

± Mengkoordinir segala aspek kegiatan kelas

± Mengarahkan dan mengawasi setiap bidang-bidang

Sekretaris:

± Mengelola kehadiran mahasiswa dengan mengumpulkan kartu kehadiran

± Menyiapkan Buku Acara Mengajar (BAM) dan ATK.

± Menyimpan dokumen / arsip kemahasiswaan.

± Membuat agenda rapat

± Mengetik struktur kelas, dll.

Bendahara:

± Membuat buku sirkulasi uang.

± Membuat buku tagihan

± Pengauditan keuangan

± Menagih bagi yang belum bayar kas

Bidang Handik:

± Mengatur jalannya perkuliahan

± Mengumpulkan tugas

± Memimpin berdo’a

± Mengagendakan acara pendidikan dan kerohanian

Bidang Sumsih

± Membuat jadwal piket

± Mengawasi/mengkoordinir kebersihan kelas

± Mengagendakan acara kebersamaan

± Menyediakan mak/min untuk dosen

Bidang Aman-Hum:

± Mengamankan jalannya perkuliahan

± Membuat tata tertib kelas

± Mengamankan barang-barang mahasiwa

± Sebagai perwakilan kelas untuk menghadiri kegiatan kemahasiswaan di IAID

JADWAL PIKET

KAMIS

Fallahurrahaman

Ai Siti Nurazizah

Dwi Kurnia

Ena Fitriana

Ajat Sudrajat

Epa Widiastuti

JUM’AT

Didah Faridah

Epi Sopiah

Sri Hayati

Hani Muflihah

Selamet

Lutfi Ansori

SABTU

Enur Nuryani

Rena Yulistina

Ucu Tri Utami

Ade Syamsul H.

Miftah Farid

Maman Suryaman

Lela Nurhasanah

Jadwal Mata Kuliah

JADWAL MATA KULIAH

KAMIS

Sejarah Kebudayaan Islam

(14.00-15.15)

Perencanaan Pembelajaran

(15.30-17.00)

JUM’AT

B. Arab 2

(07.00-08.30)

IPA 2

(08.30-10.30)

Qira’atul Qur’an dan Imla

(13.00-14.30)

Matematika

(14.30-16.00)

SABTU

B. Indonesia

(07.30-09.00)

Pendidikan IPS

di SD

(13.00-14.30)

Pembagian Kelompok

I

Ena Fitriana

Sri Hayati

Ajat Sudrajat

Ai Siti Nurazizah

II

Hani Mufliha

Lutfi Ansori

Maman Suryaman

Enur Nuryani

III

Rena Yulistina

Selamet

Epi Sopiah

Epa Widiastuti

IV

Laela Nurhasanah

Fallahurrahman

Didah Faridah

Ade Syamsul Hidayat

V

Ucu Tri Utami

Miftah Farid

Dwi Kurnia

Sunday, October 19, 2008

Cara Belajar Efektif

Cara Belajar Efektif

Cari “Pedoman dan Strategi Belajar”


* Cara belajar efektif ◄
* Pengaturan jadwal belajar
* Mengatur stres
* Motivasi belajar
* Berpikir yang cerdik
* Menghindarkan Keraguan
* Berpikir Kritis
* Penyesuaian Pengambilan Keputusan
* Pemecahan Masalah dan
Pengambilan Keputusan



They know enough who know how to learn
Henry Brooks Adams

Langkah-langkah belajar efektif adalah mengetahui

* diri sendiri
* kemampuan belajar anda
* proces yang berhasil anda gunakan, dan dibutuhkan
* minat, dan pengetahuan atas mata pelajaran anda inginkan

Anda mungkin belajar fisika dengan mudah tetapi tidak bisa belajar tenis, atau sebaliknya. Belajar apapun, adalah proces untuk mencapai tahap-tahap tertentu.

Empat langkah untuk belajar.
Mulai dengan cetak halaman ini dan jawab pertanyan-pertanyaannya. Lalu rencanakan strategi anda dari jawaban-jawabanmu, dan dengan "Pedoman Belajar" yang lain.

Mulai dengan masa lalu

Apakah pengalaman anda tentang cara belajar? Apakah anda

What was your experience about how you learn? Did you

* senang membaca? memecahkan masalah? menghafalkan? bercerita? menterjemah? berpidato?
* mengetahui cara menringkas?
* tanya dirimu sendiri tentang apa yang kamu pelajari?
* meninjau kembali?
* punya akses ke informasi dari banyak sumber?
* menyukai ketenangan atau kelompok belajar?
* memerlukan beberapa waktu belajar singkat atau satu yang panjang?

Apa kebiasaan belajar anda? Bagaimana tersusunnya? Yang mana terbaik? terburuk?

Bagaimana anda berkomunikasi dengan apa yang anda ketahui belajar paling baik? Melalui ujian tertulis, naskah, atau wawancara?
Teruskanke masa sekarang

Berminatkah anda?
Berapa banyak waktu saya ingin gunakan untuk belajar?
Apa yang bersaing dengan perhatian saya?

Apakah keadaannya benar untuk meraih sukses?
Apa yang bisa saya kontrol, dan apa yang di luar kontrol saya?
Bisakah saya merubah kondisi ini menjadi sukses?

Apa yang mempengaruhi pembaktian anda terhadap pelajaran ini?

Apakah saya punya rencana? Apakah rencanaku mempertimbangkan pengalaman dan gaya belajar anda?
Pertimbangkan
proses,

persoalan utama
Apa judulnya?
Apa kunci kata yang menyolok?
Apakah saya mengerti?

Apakah yang telah saya ketahui?
Apakah saya mengetahui pelajaran sejenis lainnya?

Sumber-sumber dan informasi yang mana bisa membantu saya?
Apakah saya mengandalkan satu sumber saja (contoh, buku)?
Apakah saya perlu mencari sumber-sumber yang lain?

Sewaktu saya belajar, apakah saya tanya diri sendiri jika saya mengerti?
Sebaiknya saya mempercepat atau memperlambat?
Jika saya tidak mengerti, apakah saya tanya kenapa?

Apakah saya berhenti dan meringkas?
Apakah saya berhenti dan bertanya jika ini logis?
Apakah saya berhenti dan mengevaluasi (setuju/tidak setuju)?

Apakah saya membutuhkan waktu untuk berpikir dan kembali lagi?
Apakah saya perlu mendiskusi dengan "pelajar-pelajar" lain untuk proces informasin lebih lanjut?
Apakah saya perlu mencari "para ahli", guruku atau pustakawan atau ahliawan?
Buat
review Apakah kerjaan saya benar?
Apakah bisa saya kerjakan lebih baik?
Apakah rencana saya serupa dengan "diri sendiri"?

Apakah saya memilih kondisi yang benar?
Apakah saya meneruskannya; apakah saya disipline pada diri sendiri?

Apakah anda sukses?
Apakah anda merayakan kesuksesan anda?

No comments: