PGMI.......................???????????
Program Studi PGMI mendidik calon guru Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar yang memiliki kemampuan menguasai bidang ilmu sumber bahan ajaran MI/SD, baik yang mencakup diciplinary content knowledge maupun pedagogical content knowledge memiliki kemampuan mengenal secara mendalam peserta didik di MI/SD yang hendak dilayani; serta mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
Keluarga Besar PGMI semester 3
Struktur Organisasi Kelas
Tugas Pengurus Kelas
Ketua:
± Mengkoordinir segala aspek kegiatan kelas
± Mengarahkan dan mengawasi setiap bidang-bidang
Sekretaris:
± Mengelola kehadiran mahasiswa dengan mengumpulkan kartu kehadiran
± Menyiapkan Buku Acara Mengajar (BAM) dan ATK.
± Menyimpan dokumen / arsip kemahasiswaan.
± Membuat agenda rapat
± Mengetik struktur kelas, dll.
Bendahara:
± Membuat buku sirkulasi uang.
± Membuat buku tagihan
± Pengauditan keuangan
± Menagih bagi yang belum bayar kas
Bidang Handik:
± Mengatur jalannya perkuliahan
± Mengumpulkan tugas
± Memimpin berdo’a
± Mengagendakan acara pendidikan dan kerohanian
Bidang Sumsih
± Membuat jadwal piket
± Mengawasi/mengkoordinir kebersihan kelas
± Mengagendakan acara kebersamaan
± Menyediakan mak/min untuk dosen
Bidang Aman-Hum:
± Mengamankan jalannya perkuliahan
± Membuat tata tertib kelas
± Mengamankan barang-barang mahasiwa
± Sebagai perwakilan kelas untuk menghadiri kegiatan kemahasiswaan di IAID
JADWAL PIKET
KAMIS Fallahurrahaman Ai Siti Nurazizah Dwi Kurnia Ena Fitriana Ajat Sudrajat Epa Widiastuti | JUM’AT Didah Faridah Epi Sopiah Sri Hayati Hani Muflihah Selamet Lutfi Ansori | SABTU Enur Nuryani Rena Yulistina Ucu Tri Utami Ade Syamsul H. Miftah Farid Maman Suryaman Lela Nurhasanah |
Jadwal Mata Kuliah
JADWAL MATA KULIAH
KAMIS Sejarah Kebudayaan Islam (14.00-15.15) Perencanaan Pembelajaran (15.30-17.00) | JUM’AT B. Arab 2 (07.00-08.30) IPA 2 (08.30-10.30) Qira’atul Qur’an dan Imla (13.00-14.30) Matematika (14.30-16.00) | SABTU B. Indonesia (07.30-09.00) Pendidikan IPS di SD (13.00-14.30) |
Pembagian Kelompok
I
Ena Fitriana
Sri Hayati
Ajat Sudrajat
Ai Siti Nurazizah
II
Hani Mufliha
Lutfi Ansori
Maman Suryaman
Enur Nuryani
III
Rena Yulistina
Selamet
Epi Sopiah
Epa Widiastuti
IV
Laela Nurhasanah
Fallahurrahman
Didah Faridah
Ade Syamsul Hidayat
V
Ucu Tri Utami
Miftah Farid
Dwi Kurnia
Sunday, October 19, 2008
Cara Belajar Efektif
Cari “Pedoman dan Strategi Belajar”
* Cara belajar efektif ◄
* Pengaturan jadwal belajar
* Mengatur stres
* Motivasi belajar
* Berpikir yang cerdik
* Menghindarkan Keraguan
* Berpikir Kritis
* Penyesuaian Pengambilan Keputusan
* Pemecahan Masalah dan
Pengambilan Keputusan
They know enough who know how to learn
Henry Brooks Adams
Langkah-langkah belajar efektif adalah mengetahui
* diri sendiri
* kemampuan belajar anda
* proces yang berhasil anda gunakan, dan dibutuhkan
* minat, dan pengetahuan atas mata pelajaran anda inginkan
Anda mungkin belajar fisika dengan mudah tetapi tidak bisa belajar tenis, atau sebaliknya. Belajar apapun, adalah proces untuk mencapai tahap-tahap tertentu.
Empat langkah untuk belajar.
Mulai dengan cetak halaman ini dan jawab pertanyan-pertanyaannya. Lalu rencanakan strategi anda dari jawaban-jawabanmu, dan dengan "Pedoman Belajar" yang lain.
Mulai dengan masa lalu
Apakah pengalaman anda tentang cara belajar? Apakah anda
What was your experience about how you learn? Did you
* senang membaca? memecahkan masalah? menghafalkan? bercerita? menterjemah? berpidato?
* mengetahui cara menringkas?
* tanya dirimu sendiri tentang apa yang kamu pelajari?
* meninjau kembali?
* punya akses ke informasi dari banyak sumber?
* menyukai ketenangan atau kelompok belajar?
* memerlukan beberapa waktu belajar singkat atau satu yang panjang?
Apa kebiasaan belajar anda? Bagaimana tersusunnya? Yang mana terbaik? terburuk?
Bagaimana anda berkomunikasi dengan apa yang anda ketahui belajar paling baik? Melalui ujian tertulis, naskah, atau wawancara?
Teruskanke masa sekarang
Berminatkah anda?
Berapa banyak waktu saya ingin gunakan untuk belajar?
Apa yang bersaing dengan perhatian saya?
Apakah keadaannya benar untuk meraih sukses?
Apa yang bisa saya kontrol, dan apa yang di luar kontrol saya?
Bisakah saya merubah kondisi ini menjadi sukses?
Apa yang mempengaruhi pembaktian anda terhadap pelajaran ini?
Apakah saya punya rencana? Apakah rencanaku mempertimbangkan pengalaman dan gaya belajar anda?
Pertimbangkan
proses,
persoalan utama
Apa judulnya?
Apa kunci kata yang menyolok?
Apakah saya mengerti?
Apakah yang telah saya ketahui?
Apakah saya mengetahui pelajaran sejenis lainnya?
Sumber-sumber dan informasi yang mana bisa membantu saya?
Apakah saya mengandalkan satu sumber saja (contoh, buku)?
Apakah saya perlu mencari sumber-sumber yang lain?
Sewaktu saya belajar, apakah saya tanya diri sendiri jika saya mengerti?
Sebaiknya saya mempercepat atau memperlambat?
Jika saya tidak mengerti, apakah saya tanya kenapa?
Apakah saya berhenti dan meringkas?
Apakah saya berhenti dan bertanya jika ini logis?
Apakah saya berhenti dan mengevaluasi (setuju/tidak setuju)?
Apakah saya membutuhkan waktu untuk berpikir dan kembali lagi?
Apakah saya perlu mendiskusi dengan "pelajar-pelajar" lain untuk proces informasin lebih lanjut?
Apakah saya perlu mencari "para ahli", guruku atau pustakawan atau ahliawan?
Buat
review Apakah kerjaan saya benar?
Apakah bisa saya kerjakan lebih baik?
Apakah rencana saya serupa dengan "diri sendiri"?
Apakah saya memilih kondisi yang benar?
Apakah saya meneruskannya; apakah saya disipline pada diri sendiri?
Apakah anda sukses?
Apakah anda merayakan kesuksesan anda?
No comments:
Post a Comment